Sunday, November 4, 2012

LINGKARAN


Lingkaran
Sebuah cerita yang tak ada awalnya dan akhirnya bagaikan sebuah lingkaran, yah begitulah diskribsiku tentang sebuah persahabatan. Ikatan persahabatan yang diikat dengan sebuah gelang unik yang terdapat berjuta makna di dalamnya.
Absolutely broken angel … absolutly listen to my heart … hp ku mulai bergetar dan ku lihat the listname, Sh*hiby ??? wah tumben amat dia telfon aku, segera ku angkat telfon dari dia,
“ hallo, Assalamualaikum”
“ Waalaikumsalam”
“ Ada apa shob ?
“ Lagi BT neih… Ntar malem main yuuk !!”
“ Waw ntr malem?? Hadew aq gak pernah keluar malem tuh, sebenarnya pengen tapi gimana yah izin nya ?? hhmmm yah udah gampang dech ntar kalo aku bias kamu tak kabarin”
 “ Yah udah aku tunggu kabar dari kamu”
“ Iya , assalamualaikum …”
“ Waalaikumsalam”
Aku pun bingung gimana yah aku izinnya entar ke orang tuaku ?? aha… aku punya ide, gimana kalau aku izin ke warnet aja, kali aja boleh. Setelah menjelang waktu sore aku pun minta izin ke orang tua ku kalau aku mau ke warnet ada tugas ngprint. Alhasil orang tuaku mengizini aku. Segera aku kabari temanku yang tadi telfon aku. “Hei nanti jadi yah… aku udah izin kok” setelah sepuluh menit hp ku mulai bergetar dan ternyata balasan sms dari dia , “ okey, nanti aku jemput di mana? Dan jawabku, “ di jalan raya yah…”, “ yah udah nanti aku tunggu di sana”.

      Adzan Maghrib pun mulai berkumandang, saatnya umat islam untuk melaksanakan sholat memohon dan meminta kepada Allah untuk selalu dijaga Nya. Aku pun segera melaksanakan sholat maghrib dulu dan setelah itu aku persiapan untuk keluar. Terdengar suara hp ku bergetar dan segera ku buka “ aku udah di jalan raya , kamu dimana ?” wah dia udah sampai “ yah aku otw” hahaha padahal aku masih di rumah, tapi aku balas otw. Sering banget aku jawab kaya gitu,emang akal-akalan cewek, bilang aja kalo cewek ogah banget nunggu. Setelah sampai aku pun menghapiri dia, nama temanku sebenarnya M. Amin Mada Ari Baya, biasa aku panggil mada tapi di list contac aku tulis sh*hiby karena arti dari sh*hiby sendiri adalah sahabatku. Langsung saja aku jalan sama dia, yah biasa banyak cerita karena lama gak ketemu, mungkin kurang lebih 3 tahun gak cerita-cerita sama dia, tapi anehnya dulu sampai sekarang dia sama aja, tetep playboy. Yah inilah yang dinamakan sahabat,meski lama sudah tak bertemu tapi akhirnya juga kan bersatu lagi, aku mengerti banget arti sebuah persahabatan. Baru kali ini juga kau bias punya sahabat yang beda banget aliran sama aku, kalau aku anti bauth sama yang namanya cowok tapi dia malah oke terus kalau sama cewek,tapi yah inilah perbedaan,menikmati sebuah perbedaan asyik juga bisa tampah pengalaman. 


      Aku mulai mengenal mada sejak kelas 3 SMP waktu itu dia duduk tepat di belakangku bersama Ismail dan aku duduk dengan Leli. Pada waktu itu juga Leli sedang ada hubungan special dengan Ismail. Sering banget aku sama Mada bertingkah usil buat njailin Leli dan Ismail,yah itulah kerjaan gokil Intan dan Mada in every day. Mulai dari situlah keakrabanku dengan Mada terbentuk seolah-olah saudara sendiri. Mada yang selalu cerita kepada ku masalah cewek-seweknya untung aku pendengar setia semua seasson ceritanya, kalau gak wah…jadi ngelumut aku ngedengerin semua cerintanya. Coba dech bayangin dia mencerita semua sedangkan aku gak tahu gimana sifat cewek-ceweknya,aku juga belum pernah melihat dia galau gara-gara cewek, sumpah playboy satu ini bisa aku acungin jempol dech.
      Akhir sebuah cerita indah di saat kita bakalan pisah dengan teman-teman kita apalagi sahabat,yah perpisahan adalah hal yang paling mengesankan . ABG anak baru gede,langkah selanjutnya adalah meneruskan sekolah ke jenjang atas atau SMA,temen-temanku pada pisah menyebar ke sekolah-sekolah lain yang menurut masing-masing pandangan bagus, aku meneruskan sekolah di SMA Maarif pandaan dan sahabat satuku yang super duper sok kepedean meneruskan sekolahnya ke SMKN Purwosari. What ??? SMK ?? aku hawatir dia makin menjadi … tapi tak apalah itu keputusan dia.
      Perpisahan sekolah bukanlah akhir dari sebuah persahabatan,sekali teman tetaplah teman. Makin banyak cerita dong meskipun dah gak pernah ketemu tapi sekarang kan technologi canggih , bisalah ngasih tahu kabar lewat massage yah ataupun facebook. Aku pikir itu bisa aku lakukan tapi ternyata ngga kita sekarang malah jarang connect pada sibuk urusan masing-masing. Tapi kalu aku mah gak yakin kalau dia sibuk urusan pelajaran sekolah paling gak dia sibuk urusan main. Wahh di catatan ku kali ini kok isinya njelekin dia terus sich ???

Masa dimana aku masih kecil, tumbuh berkembang menjadi ABG, disaat itulah mulai membentuk karekter baru,yeah bergantung pada lingkungan lah kita berkembang,mulai mengenal pergaulan & tingkah. Masa yang di tempuh selama 3 tahun,di saat masa itu akan usai barulah ku mengerti akan sahabat,aku mulai mengenal cinta,tapi aki masih belum paham betul apa sich cinta itu. Ketika masa itu telah pergi aku tumbuh menjadi remaja . yang ada di pikirku saat ini adalah rindu masa lalu . 3 tahun lamanya aku tak bertemu dengan teman-temanku di saat aku masih polos dulu. Setelah ada kabar kalau ada kumpulan alumni SMP 2009 aku pun ikut andil dalam acara tersebut. Mereka semua telah berubah …dulu yang kita sama-sama kecil,masih ingusan dan sekarang tumbuh menjadi remaja yang mulai bisa membenahi diri mereka sendiri,tapi mereka berubah…mereka mulai menampak kan kedewasaan mereka…all of my friends I miss you.
Setelah Ujian Nasional berlangsung aku pun masih di ma’had tapi aku sering izin untuk persiapan SNMPTN di saat itulah temanku mada mulai muncul lagi (haha kaya di telan bumi aja tuh cow tiba-tiba muncul). Dia melanjutkan untuk kerja katanya dan aku melanjutkan kuliah, waw sesuatu dech…
Ujian SNMPTN pun berlangsung dan aku juga mengikuti SPMB PTAIN di UIN. Melanjutkan kuliah untuk masa depan atas izin orang tua, berangkat tes SPMB diantar orang tua dan pulang dijemput (betapa sayangnya orang tua sama anaknya sampai hal seperti ini masih dikawal) akan tetapi di tengah jalan aku sama ayahku ada sedikit masalah yang sebenarnya sepele tapi antara aku dan ayah yang saling memiliki watak keras tak ada yang mau mengalah dan sampai akhirnya aku pulang sendiri. Di tengah perjalanan aku menelphone mada dan menceritakan semua masalah yang kuhadapi saat itu, dengan suara tersendat-sendat karena tangis dia menyuruhku tuk berhenti di tengah jalan dan menjemputku,aku telah bertemu dia dan dia mengajakku ke suatu tempat tuk menenangkan diriku.

“Trisno jalaran songko kulino” yah sebuah peribahasa jawa yang mengungkapkan sebuah cinta berawal dari sebuah kebiasaan, mungkin kah itu terjadi padaku ?? aku yang begitu akrab dengan mada sampai-sampai semua apa yang iya lakukan dia bilang ke aku dan aku menanggapinya dengan tegas, kata dia diantara cewek-cewek yang berani marahin dia Cuma aku (iihhh… waw… !! luluh amat cewek yang lain ampek semua nurut and klepek2 kena omongan dia) kalo aku mah jangan sampek langsung percaya sama dia, ampuun dech……
“Janji kelingking” adalah janji yang pernah terucap antara aku dan mada dengan simbolis sebuah gelang yang melingkar diantara aku dan dia. Janji yang berisi sebuah ikatan dimana tak boleh ada rasa ataupun kata cinta antara aku dan dia, kita adalah sahabat yang diumpamakan sebagai lingkaran yang tak ada awal dan tak berakhir. Kedua kelingking telah bersatu menjadi satu dan telah kita abadikan. Yaahh itulah ikatan ku dengan mada saat ini ,Lingkaran untuk saat ini dan selamanya.
Setiap langkah ku dengan dia tak akan pernah lepas meski kita Cuma sekedar sahabat, dia memiliki cewek banyak begitupun aku yang mempunyai TTM banyak (haha… bahasa kasarannya gebetan lah), pacar or doi bukanlah untuk penenang hati melainkan hanya sebetas kesenangan birahi yang Cuma sekejap menghilangkan rasa lara yang tak membawa ketenangan kepada ilahi rabbi. For pisitive thinking boy friend or girl friend just for motivator to move in a way. Hari semakin hari memang terasa berbeda dalam artian perasaan, dia mulai merasakan getar-getar asmara (yah wajarlah manusia mempunyai perasaan cinta kepeda lain jenis ), dia bilang padaku“ jangan kau membuatku semakin hari semakin ada rasa sama kamu” dan aku pun membalik “ yahh…jangan pernah ada rasa antara kita ingat janji kelingking kita”, “yah tapi saat ini perasaanku beda sama kamu”ucap mada,aku sebenarnya juga merasakan hal yang sama tapi aku masih bisa menahan rasaku.
Berjalan seperti air mengalir , yah saat ini hubunganku semakin erat dan dekat sama mada bisa dikatakan Hubungan Tanpa Status, kita sama-sama tak memiliki pacar karena semua girlfriend mada udah diputusin, Ghoiru Satir fi sa’ah, entahlah aku termakan omonganku sendiri bahwa jangan sampai ada rasa sama mada tapi nyatanya kita saling suka, begitu munafik kita pada saat itu. Kita menjalani hubungan tanpa ada awal waktu yang kita tentutan semua berjalan apa adanya dan natural. Entah aku sendi tak tahu sebab apa aku suka sama dia dan dia juga kesurupan setan apa kok bisa suka sama aku, yah itulah anugrah oleh Allah setiap ummat diberi rasa cinta berbeda jenis.
Cinta tak dapat didiskribsikan akan tetapi cinta hanya dapat kita rasa sesuai hati nurani kita, aku mencintaimu bukan karena apa-apa dan aku ingin kau juga mencintaiku atas dasar ketulusan hatimu, kadang kala wanita lemah setelah merasakan cinta akan tatapi aku tak boleh sepenuhnya hanyut dalam perangkap dan jeratan lelaki. Jujur aku bukanlah orang yang mudah tuk jatuh cinta dan sulit tuk mempercayai cinta,bagiku cinta adalah pemalsuan tuk mendapatkan hati seseorang,semua lelaki sama maunya mengambil keuntungan dari wanita dan mereka tak mau dirugikan oleh wanita sukanya merugikan wanita, setelah mereka puas baru mereka meninggalkan wanita tersebut, betapa busuknya hati lelaki seperti itu.
“Subhanallah !!!! benarkah kau berubah bie ? aku senang melihat perubahanmu sekarang”. Panggilanku dengan mada adalah Biebie dari kata Libie dan diambil belakangnya aja jadi Biebie ( iiihh…unik juga, gak adakan teman2 kalian yang panggil seperti itu kan, intan gituloh ?) aku merasa bahagia melihat dia sedikit demi sedikit berubah. Contonya dia berubah mulai dari dia jarang sholat sampai akhirnya dia sholat meskipun masih ada absennya sih tapi maklum semua perubahan butuh proses dan aku tahu itu. Dari perubahan kamu itulah membuatku percaya dengan mu dan yakin kalau kamu sudah sadar. Dan yang menjadi pertanyaanku sekarang “ apakah kamu mau melakukan hal itu Cuma karena kamu deke sama aku sekarang? Atau memang kamu benar-benar telah sadar?” pertanyaan itulah yang membuat tanda Tanya besar dalam diriku.
Bie…biebie…udah sholat belum ?
Bie…maaf tadi aku ketiduran,gimana ini…??
Yah kok bisa sih bie? Yah udah kamu bisa langsung qodlo’ sholat yang tadi kamu tinggal. Qodlo’ adalah istilah islam yang artinya mengganti.        Oke bakal aku ganti sekarang bie, makasih yah bie…
Benarkah ya Allah dia telah berubah? Di dalam kesunyian aku pun bertanya, kalo bahasa jawanya sih “ masio bie pean bilang est berubah temenan tapi aku tetep sek ragu” “duuhhh biebie rek sulit ki sampek aq kate gawe pean percoyo nang aku”.
      Dia mulai sering mengikuti apa yang aku lakukan , aku menyuruh dia mengaji dan aku yang menyimak,bacaan alquran adalah sebuah bacaan yang menyejukkan qalbu apalagi orang yang membaca adalah orang yang special bagiku saat itu, sempat ku menangis setelah mendengar lantunan ayat alquran dari dia, entah kenapa aku merasa tersentuh dengan bacaannya, dan aku merasa tersentuh setelah dia bilang kalau dia merasa nyaman dengan kehidupannya sekarang. Aku berhasil…yahh mungkinkah aku telah berhasil merubah dia? Dan akankah ini berjalan lama?
      “Bie…aku mempunyai dua waktu untukmu sekarang dan selamanya tuk mencintaimu.” Itulah kata-kata yang ku ingat dari mada, yah biasa cowok gombalan dikit lah biar si cewek makin ehhhmmmm…, STOP !! intan gak boleh langsung percaya sama cowok yah…inget gak cowok ada yang bisa dipercaya dan ada yang ngga’, “ bie … aku ingin kamu lah pelabuhan terakhir dalam hidupku” yah itu juga kata yang pernah dilontarkan dia kepadaku, kalau emang kita jodoh pasti kok kita akan bertemu dan bersama.
      Beberapa bulan telah kita lewati bersama canda tawa suka sedih lara rindu telah kita alami, aku makin mencintaimu dan tak mau kehilanganmu aku merasa nyaman didekatmu entah kenapa aku merasa selalu tersenyum didekatmu. “Bie …Ana Uhibbu ilaika”. Pertama kali aku jalan malam yah sama mada, uuiiihhhh … sebelumnya aku never guys, biasalah gak berani sama orang tua kalau keluar malam.
“eh bie…tangan kamu kok dingin ?? kamu sakit ?”
“ gak kok !”
“teerus kenapa ? ahh… kamu nerveos yah deket sama aku ?”
“ahh nggek kok biasa aja” ( tahu gak muka loe tuh dah memerah tanda malu, haha)
Setelah jalan aku pun minta anterin pulang, sesampai dia di rumah mada menelphonku , di tengah perbincangan aku bertanya “ bie…kenaa sih setiap kamu jalan sama aku tangan kamu dingin? Masa kamu kalo jalan sama cewek lain kayak gitu ? iihh…malu2in aja kalo kayak gitu ?” “ ehehe gak tahu bie…akukalo jalan sama cewek lain gak pernah kayak gini entah knapa kok sama kamu aja tangan aku dingin,iya aku aja sampek heran bie kanapa yah kok gini kalo sama kamu aja.”Tanda-tanda cowok lagi jatuh cinta adalah sebelum ketemu dia udah dag dig dug dan setelah ketemu dia keringat dingin alias nerveos sampek canggung mau ngomong apa dan apa yang harus diomongkan, (haha iya itu mungkin sebab dia kenapa tangan dia dingin setiap ketemu sama aku).

      Sebulan penuh ku menjalani ibadah puasa ramadhan dan begitupun dengan mada,dia yang baru pertama kali menjalankan ibadah puasa dengan pekerjaan barunya di sebuah perusahaan ternama di Pandaan . “ bie aku takut aku gak kuat tuk puasa besok” “ biebie…aku yakin kok kamu pasti bisa selagi ada kemauan dan niatan pasti Allah menunjukkan jalan yang terbaik buat kamu, ayo bie pasti biebie bisa menjalankan puasa besok,biebie harus kuat masa cowok gak bisa menjalankan semua itu ?” itulah kata2 ku untuk memotivasi dia agar mau menjalankan puasa di tahun ini dengan pekerjaan barunya.
Disetiap detak jantungku ku selalu ingat kamu dan dalam hatiku ku selalu meminta agar kamu menjadi anugrah terindah dalam hidupku. Kamu adalah lilin disaat mataku kehilangan sinar, kamu adalah suara disaat mulutku tak dapat berkata dan kamu menjadi tongkat saat kakiku mulai rapuh berpijak saat hati dalam duka kamu menjadi teman cerita.(07-07-2012. 16:31)
Hari yang senja telah menyelimuti malamku,hembusan angin telah temani heningku,menjadi satu dalam tidurku dihiasi dengan mimpi-mimpimu,indah tak bersuara dan tak beradu, jauh dipandangan mataku kau pergi jauh meninggalkanku, dan jujur ingin ku katakan I love You.
Disaat aku tak bisa melakukan apa-apa untuk mu, mata tak bisa melihat tekinga tak bisa mendengar mulut tak bisa mengucap kaki dan tangan tak bisa pergerak tertinggal hati yang masih bisa merasa dan hanya Air mata yang masih mengalir, apakah kamu masih mau disampingku tuk temani aku disaat aku mulai tak berdaya ? (08-07-2012)
      Takbir allah telah berkumandang disitulah dimana umat islam merayakan kemenangannya, seminggu setelah lebaran dengan berjalannya waktu aku pun memutuskan tinggal di Malang untuk meneruskan pendidikan. 23 agustus 2012 pukul 19.00 dia baru berani menemui aku di rumah dan terlihat nerveos banget , (haha lucu beuth tau) dan satu lagi tangan dia makin dingin sampek kesannya waktu itu resmi banget kaya mau ketemu sama pejabat aja, bie… santai aja yah gak nerveos gitu ketemu sama calon mertua, hahaha… dan disaat itulah aku terakhir bertemu dia, akankah aku bisa bertemu dan berbincang setelah aku tinggal di sana? Pasti aku sangat merindukan mu bie… I love You.
      Tiga minggu telah berlalu aku yang jauh dari dia dan sms pun juga gak begitu sering karena saling sibuk. Kita udah sama-sama dewasa jadi kita juga berusaha untuk saling pengertian, aku tahu aku udah jauh dari biebie mungkin disaat itu juga dia butuh perhatian. “ disaat kita saling jauh pasti di situlah Allah menguji kita bagaimana perasaan kita apakah dengan jarak jauh itu hati kita semakin dekat ataukah perasaan kita luntur semua tergantung bagaimana kita menjalani hubungan ini ”. itulah pembahasan ku sama biebie selama aku di Malang tak lama aku merasa munafik dengan diriku sendiri, aku yang dekat dengan cowok lain dengan tujuan antar jemput ku ke kampus dan aku juga merasa bersalah dengan biebie, pohon jatuh tak jauh dari akarnya, dan ternyata mada di sana juga melakukan hal yang sama di saat hati ini mulai bosan aku memutuskan untuk break dulu dan dia pun menyetujui, setelah break itu berjalan dua hari aku merasakan rindu yang amat dan aku mulai mengawali sms ke dia menanyakan kabar. Tepat hari rabu tanggal 19 september 2012 keputusan kita adalah putus, dia yang juga jalan sama cewek lain merasa terkekang dan oke lah aku pun menyetujinya. Apakah akhir dari cerita ini masih berlanjut menjadi sebuah LINGKARAN ? ataukah lingkaran itu telah terputus di tengah jalan ?
      Setelah itu kita jalan sendiri-sendiri terserah apa yang dia mau dan apa yang aku mau, sampai sekarang yang membuatku bingung kenapa setiap apa yang aku lakukan atau apa yang aku rasakan sama dengan yang iya lakukan saat itu. Setelah kita putus kita masih tetep cerita tapi tak seperti dulu masih ada rasa kecanggungan (maklum baru cerai), sekitar 3 minggu dia bilang kepadaku “ bie aku udah tak pantas kamu pikirkan lagi karena sakarang aku udah mengenal dunia malam kemaren adalah hari yang tak pernah ku lupakan seumur hidupku” membaca pesan tersebut entah kenapa air mata ini ulai menetes dan tangan ini mulai bergetar seperti di sambar petir, aku tak mengerti apa yang telah iya lakukan dan yang ku piker tentang dia adalah mungkin disaat itu pikiran dia lagi banyak masalah , tapi aku juga respect marah ke dia sampai akhirnya aku memutuskan tuk tak kenal dengan dia.
      Selang waktu 2 minggu aku mendapatkan siraman rohani di ma’had ku “ barang siapa yang memutuskan tali silaturahmi maka dosa dan siksanya besar sekali” dari situlah aku teringat masa laluku yang sempat bilang udah tak mengenalimu lagi disisi lain ada rasa penyesalan juga, jujur setelah kita putus aku masih belum bisa melupakanmu, meskipun di sekitarku banyak kumbang yang menawan tetapi aku masih belum bisa jatuh hati dengan mereka, mereka hanya ku buat pelampiasan dan ku manfaatkan saja tak lebih darai itu. Kata maaf dariku semoga kau bisa menerima.
      Lingkaran … dimana letak lingkaran saat ini aku merindumu disini sekarang dan selamanya. Kau lontarkan kata indah untuk ku sebagai tanda cinta untuk diriku dan apakah kata cinta untuk diriku masih ada meski untuk kau kenang ? terbayang disaat kita bersama disaat penuh cinta canda dan tawa, tak mungkin mudah untuk kulupa masa-masa yang indah sewaktu kita bersama. Kuyakin takan mungkin terjadi karena kau telah bersamanya hingga lekang diriku. Kata terakhir yang belum sempat kulontar kan sama kamu adalah kamu pecundang kamu tak bisa bertanggung jawab dengan apa yang kau ucap,satu pintaku saat ini dimanakah letak lingkaran itu sebenarnya ? dalam lubuk hatiku terdalam aku masih menyimpan rasa sayang dan cinta untuk dirimu.Karena kamu aku merasa sakit dengan cinta,dan asal kamu tahu sekarang aku telah menyakiti banyak cowok karena aku tak bisa menerima mereka menjaga hatiku tuk menjadi penggantimu saat ini karena aku masih ada rasa sama kamu dan aku juga masih trauma akan kata cinta. Biebie aku rindu sama kamu. Tuhan sampaikan sejuta salamku untuk dirinya meski aku jauh tapi aku masih sangat peduli dengan nya, akankah hatinya masih ada sedikit sisa untuk ku ?

                              ………The End……






No comments: